Rabu, 30 November 2011

3 Jam Membuat Gambar Bangunan 3D dengan Autocad

 *Tulisan ini sebenarnya tidak mempunyai kaitan langsung dengan VisualBasic. Namun karena permintaan dari Members, maka mulai saat ini kami akan membuka tajuk baru yakni TEKNIK DESAIN GRAFIS.


Tahukah anda bahwa untuk membuat sebuah virtual Building atau bangunan 3D dalam komputer hanya membutuhkan waktu 3 jam ? saran saya sebaiknya anda percaya hehehehe...salah satu software yang bisa digunakan dalam membuat bangunan 3D yang cukup handal adalah AutoCAD. software ini sudah memunculkan banyak sekali versi dan varian. saat ini versi terbarunya sedang dirilis dengan penyempurnaan yang lebih baik disana-sini. terakhir yang penulis punya adalah software AutoCAD 2010. lebih ampuh dari variant sebelumnya. Namun sebagai dasar, tulisan kali ini akan menggunakan versi AutoCAD 2006. Mengapa? sebab lebih ringan, masih kompatibel dengan komputer spesifikasi rendah, dan hasilnya juga lumayan bagus. 

Salah satu kelebihan dari AutoCAD06 adalah tersedianya feature landscape yang default langsung jadi, misalnya pohonan, manusia, kendaraan dll. Versi 2007 keatas, kayaknya kita harus membuat sendiri atribut-atribut tersebut. ladalah....Namun, kendatipun demikian, AutoCAD tetap memiliki kelemahan disana-sini (pastinya) misalnya perintahnya yang masih kompleks dan hasil render yang paling akhir hanya bisa dieksekusi dalam file Bitmap (.bmp) sedangkan versi diatasnya telah mampu merender file kedalam bentuk Jpeg Image (.jpg) sehingga lebih halus.

Lantas bagaimana cara membuatnya? sabar hehehehe...cara membuat bangunan 3D tidak akan penulis sampaikan dihalaman ini sebab terlaluuuu panjang dan njelimet. tapi anda tidak perlu kecewa karena sy sudah membuatnya kedalam bentuk modul, buku, lembaran-lembaran atau apapun itu namanya. buku tersebut berisikan langkah-langkah cepat membuat bangunan 3D dengan AutoCAD06.

Penasaran? silahkan anda download bukunya di link dibawah ini, setelah anda mahir, anda akan mampu membuat gambar bangunan 3D kurang dari 3 jam bahkan :




DOWNLOAD BUKU 3 JAM MEMBUAT BANGUNAN 3D DENGAN AUTOCAD06

Sabtu, 26 November 2011

Ebook Mikrokontroller dan Pemrograman Assembly

Mikrokontroller tentu bukan barang asing lagi dalam dunia komputer. Mikrokontroller banyak digunakan dalam berbagai aplikasi dan proyek interfacing. sayangnya amat jarang informasi mengenai alat yang satu ini. dikampus -kampus, alat ini dipelajari hanya secara garis besarnya saja.
Walaupun bahasa tingkat tinggi terus berkembang dengan segala fasilitas dan kemudahannya, peranan bahasa pemrograman tingkat rendah tetap tidak dapat digantikan. Bahasa assembly mempunyai keunggulan yang tidak mungkin diikuti oleh bahasa tingkat apapun dalam hal kecepatan, ukuran file yang kecil serta kemudahan dalam manipulasi sistem komputer.
Berikut ebook mikrokomputer yang cukup bagus, berbahasa indonesia pula, karena memang buatan orang indonesia. Yang dibahas semua hal tentang pemrograman dengan bahasa assembler, disertai juga dengan banyak contoh program. Selain kita bisa mempelajari materinya, contoh program nya juga bisa lebih dipahami karena disertai dengan analisisnya.
Bersyukurlah...buku ini gratis hehehe...anda dapat mendownloadnya di link dibawah ini :

Jumat, 25 November 2011

KECERDASAN BUATAN










Untuk mendownload semua materi dan artikel Kecerdasan Buatan, silahkan anda klik link
 di paling bawah artikel ini!!!


DEFINISI KECERDASAAN BUATAN
Manusia dalam bidang keilmuan disebut dengan istilah homo sapiens, karena memiliki kemampuan mental, intellegence, yang sangat penting untuk menopang kehidupan sehari-hari. AI kependekan artificiall intellegence, adalah bidang ilmu yang mencoba untuk mempelajari kemampuan mental ini. AI adalah bidang ilmu yang sudah ada cukup lama. Lebih dari 2000 tahun, sudah ada usaha-usaha yang dilakukan oleh para ahli untuk mempelajari mengapa manusia bisa menerima rangangan kemudian berespon dan sikap lain yang menunjukkan “kepandaiannya”, namun istilah AI baru diusulkan sekitar tahun 1956. AI telah mempengaruhi banyak bidang mulai dari bidang-bidang yang bersifat umum, seperti usaha mempelajari bagaimana sebenarnya manusia berpikir dan dirumuskan dalam notasi matematika sampai dengan bidang khusus, seperti bagaimana komputer bisa memainkan catur untuk melawan juara dunia catur.
Haugeland, 1985
Usaha untuk membuat komputer berpikir, machine with minds.
H. A. Simon [1987] :
“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah- cerdas”
Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
Encyclopedia Britannica:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalamrepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada
bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”